Featured Video

Home » » Harta Karun Senilai Rp 4,5 Trilun

Harta Karun Senilai Rp 4,5 Trilun

Written By remi on Friday, November 30, 2012 | 7:41 PM

Kaskus - The Largest Indonesian Community - Berita Luar Negeri
Tempat diskusi mengenai berita dari luar negeri.
Harta Karun Senilai Rp 4,5 Trilun
Dec 1st 2012, 02:50

MADRID, KOMPAS.com -- Pihak kebudayaan Spanyol, Jumat (30/11/2012) untuk pertama kalinya memperlihatkan sebagian dari sekitar 16 ton harta karun, yang ditemukan pada sebuah kapal Spanyol yang tenggelam hampir dua abad lalu di lepas pantai Portugal. Harta karun ini diperkirakan bernilai 500 juta dollar AS atau sekitar Rp 4,5 triliun.

Kantro berita AP melaporkan, bagian kecil dari lunas kapal Nuestra Senora de las Mercedes tenggelam di di Samudera Atlantik tak jauh dari Selat Gilbraltal tahun 1804, diperlihatkan kepada media. Juga diperlihatkan 12 koin perak, dua kotak tembakau emas, dan berbagai benda dari perunggu.

Otoritas Spanyol sudah mencatat semua harta karun ini sejak diterbangkan dari Florida, AS, ke Spanyol, Februari lalu. Benda-benda berharga ini akan ditempatkan di Museum Nasional Arkelologi Bawah Laut di Cartagena, sebuah kota di tepian Laut tengah. Pemajangan barang-barang berharga ini untuk umum akan dimulai tahun depan.

Perkiraan sebelumnya menyebutkan semua harta karun ini bernilai 500 juta dollar AS. Namun pihak Spanyol tak mau memperkirakan berapa nilai harta karun ini karena merupakan warisan budaya Spanyol. UU Spanyol juga tak memungkinkan benda-benda ini dijual.

Diperkirakan ada sekitar 574.553 koin perak dan 212 koin emas dalam harta karun yang sempat diperebutkan perusahaan pencari harta karun Odyssey Marine Exploration, yang sebelumnya mengklaim sebagi harta milik mereka. Perusahaan yang berbasis di Florida ini akhirnya gagal mempertahankan harta yang mereka temukan ini, setelah pengadilan menyatakan bahwa harta karun ini milik pemerintah Spanyol. Odyssey mengaku mengeluarkan biaya sekitar 2,9 juta dollar AS untuk mencari dan menemukan harta tersebut.

Kapal ini membawa harta karun dari kawsana Amerika Latin yang diduga sekarang ini merupakan wilayah negara Bolovia, Peru dan Chile. Pihak Peru sempat mengklaim harta kekayaan ini namun mentah, karena pada saat itu belum ada negara bernama Peru di sana. Harta karun muatan kapal Spanyol Mercedes bagian dari upeti yang diambil para penjelajah Spanyol bagi raja mereka.
kompas
wah sayang harta karun nya ngak bisa di jual buat menyelamatkan spayol dari krisis
padahal nih harta adalah hasil dari penjajahan
tp patut di apresiasi menjaga warisan budaya
padahal nih harta adalah hasil dari penjajahan

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Blogger Themes