Featured Video

Home » » Saham Asia Naik ke Level Tertinggi

Saham Asia Naik ke Level Tertinggi

Written By remi on Sunday, December 9, 2012 | 9:21 PM

Kaskus - The Largest Indonesian Community - Berita Luar Negeri
Tempat diskusi mengenai berita dari luar negeri.
Saham Asia Naik ke Level Tertinggi
Dec 10th 2012, 04:24

Saham-saham di bursa Asia bergerak positif pada awal transaksi Senin 10 Desember 2012. Investor menyikapi data ekonomi China dan Amerika Serikat yang meningkatkan harapan tentang prospek pertumbuhan dua kekuatan ekonomi dunia itu.

Seperti dikutip CNBC, pertumbuhan manufaktur di China dan penjualan ritel naik ke level tertinggi dalam delapan bulan terakhir pada November. Situasi itu menunjukkan kebangkitan pada negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Saat ini, investor masih menunggu data perdagangan China untuk November yang akan dirilis pagi ini. Jika data perdagangan lebih kuat dari yang diharapkan, pasar akan menjadi semakin yakin bahwa China segera keluar dari keterpurukan berkepanjangan.

Pada transaksi pagi ini, indeks FTSE CNBC Asia 100 tercatat naik 0,3 persen. Saham-saham di bursa Jepang juga menguat ke posisi tertinggi selama tujuh bulan terakhir pada awal perdagangan hari ini. Kondisi itu ditopang data lapangan pekerjaan yang lebih baik dari perkiraan AS, sedangkan yen yang melemah juga mendorong penguatan saham-saham eksportir.

Indeks Nikkei naik 0,5 persen menjadi 9.571,24, sedangkan Topix menguat 0,4 persen ke level 793,57.

Meski indeks naik, saham Toyota turun 0,1 persen setelah perusahaan menunda peluncuran lini produksi baru di pabriknya di Tianjin, China utara. Menurut harian Asahi, upaya itu dilakukan karena penurunan penjualan China kemungkinan akan berlanjut di masa mendatang.

Sementara itu, saham Panasonic mencatat kenaikan 3,5 persen, setelah pabrikan televisi Jepang yang di antaranya mengusung produk televisi Viera, tengah mencari pembeli untuk beberapa properti untuk memangkas biaya tetap dan meningkatkan arus kas.

Saham alat berat Komatsu juga naik 0,8 persen setelah harian bisnis Nikkei melaporkan bahwa pembuat mesin konstruksi itu berencana untuk berinvestasi 30-50 miliar yen selama tiga tahun ke depan.

Di bursa Korea Selatan, indeks juga menyentuh level tertinggi dalam dua bulan terakhir, didorong oleh membaiknya pasar Samsung Electronics. The Korea Composite Stock Price Index (KOSPI) naik 0,5 persen menjadi 1,966.5 poin.

Saham Samsung Electronics naik 1,3 persen untuk menyentuh level tertinggi baru sepanjang sejarah.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Blogger Themes